Minggu, 15 Maret 2015

Kebudayaan Sulawesi Utara

Sulawesi Utara, daerah yang terletak paling utara sulawesi. Sulawesi Utara merupakan sebuah provinsi yang beribukota di Manado. Berdasarkan hasil sensus beberapa tahun terakhir, jumlah penduduk yang di Sulawesi Utara berjumlah 2.270.059 jiwa dengan rincian 1.159.903 laki-laki dan 1.110.693 perempuan. 

Berikut beberapa Kebudayaan yang ada di Sulawesi Utara, diantaranya : 










  • Rumah Adat 
Rumah adat Sulawesi Utara dinamakan "Rumah Pewaris". Rumah ini dihuni oleh para pemimpin maupun rakyat biasa. Rumah tersebutb harus dibuat dari balok atau papak tanpa sambungan. Kayunya tidak boleh bengkong sebagai tanda ketulusan lahir dan batin.
RUMAH PEWARIS



Atapnya dari dari daun rumbia dan di kanan kiri rumah terdapat tangga. Rumah pewaris mempunyai ruang tamu, ruang keluarga. dan ruang tidur. Seluruh rumah terbuat dari bahan kayu.


  • Pakaian Adat 
Pakaian adat wanita Sulawesi Utara memakai baju kurung dan kain panjang. Selain itu dibagian dadanya terdapat hiasan yang khas, dan hiasan lainnya berupa subang dan gelang. Sedangkan yang pria memakai tutup kepala (destar), baju model teluk belanga dan celana panjang.




  • Senjata Tradisional 
Keris merupakan senjata yang biasa digunakan oleh rakyat Sulawesi Utara. Betuknya lurus dan berlekuk-lekuk. Sedangkan terkenal lainnya adalah Peda (semacam parang), sabel, tombak dan perisai. 






  • Tarian Daerah

Tari Maengket merupakan tarian yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kata maengket sendiri berasal dari bahasa setempat yakni engket yang berarti mengangkat tumit kaki naik turun. Tambahan awalan ma- di pada kata engket berarti menari dengan naik turun. Tarian ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Minahasa yang masih dipertahankan sampai saat ini. Masyarakat Minahasa sendiri adalah masyarakat suku asli Sulawesi Utara. Masyarakat Minahasa sendiri berasal dari orang Austronesia yang telah mendiami wilayah Sulawesi Utara selama ribuan tahun sebelum masehi.

TARIAN MAENGKET





referensi :
http://www.kebudayaanindonesia.com/2014/03/kebudayaan-sulawesi-utara.htmldiakses pada maret 2015


http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/895/tari-maengket

cyber,sulut







6 komentar:

  1. nilainya masih 60 Sultan, tolong perbanyak referensi nya yaaa. semangattt

    BalasHapus
  2. Nilainya 60 juga untuk Sultan. ^^

    BalasHapus
  3. 64 buat sultan hmm font nya yang di referensi terlalu kecil jadi susah untuk di baca

    BalasHapus
  4. postingannya udah menarik kok . mungkin ya referensinya yaaa . kalo sekarang aku kasiih kamu nilai 65 yaa

    BalasHapus
  5. cukup menarik kok.. cuma tambahin referensi nya lagi yah :) 63 buat kamu

    BalasHapus
  6. cukup menarik postingannya, aku kasih nilai 64 yah

    BalasHapus