Senin, 13 April 2015

Human Philosophical Refelections 2 : Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom

1. Knowledge


Gambar 1. Knowledge
Gambar 1. Knowledge



Pengetahuan tidak bisa dipandang seperti memandang suatu objek yang terdapat disana, didepan subjek, yang dapat dijangkau oleh pandang dan oleh tangan manusia.
Permasalahan kritis disini kompleksitas pengetahuan manusia yang sulit dijangkau secara lengkap, utuh, dan paripurna oleh manusia yang terbatas. 

1.1 Pengetahuan Indrawi Lahir 
      Hanyak jika orang mencapainya secara langsung melalui penglihatan, pendengaran dan beberapa indera lainya.

1.2 Pengetahuan Indrawi Batin 
      Menampakan dirinya kepada orang dengan ingatan dan khayalan

1.3 Pengetahuan Perseptif
      Pengetahuan ini lebih menyatakan dirinya melalui gerakan 

1.4 Pengetahuan Refleksif 
      Pengetahuan itu membuat objektif kodrat dari suatu realitas apa pun juga. Pengungkapannya adalah, baik dalam bentuk ide, konsep, definisi, serta putusan-putusan maupun dalam bentuk lambang, mitos, atau karya-karya seni.

1.5 Pengetahuan Diskursif 
      Lebih menampakkan diri sebagai sesuatu yang datang dari sebab ke akibat dan dari akibat ke sebab, dari prinsip ke konsekuensi dan dari konsekuensi ke prinsip, dan sebagainya.

1.6 Pengetahuan Intuitif 
      Pengetahuan menangkap atau memahami secara langsung benda atau situasi dalam salah satu aspeknya, keseluruhan dalam satu bagian, sebab dalam akibat, konsekuensi dalam prinsip, dan sebagainya.

1.7 Pengetahuan Induktif 
      Bila menarik yang universal dari yang individual, dan sebaliknya deduktif, bila menarik yang individual dari yang universal. Pengetahuan itu kontemplatif, bila mempertimbangkan benda-benda dalam dirinya dan untuk dirinya sendiri. Pengetahuan itu disebut spekulatif, bila mempertimbangkan benda-benda dalam bayangan-bayangan dan ide-ide, atau konsep-konsep tentang benda-benda itu. Praktis, kalau mempertimbangkan benda-benda menurut bagaimana mereka bisa dipergunakan. Pengetahuan itu sinergis, kalau merupakan akumulasi dari seluruh daya kemampuan dari subjek (yang sedang mengetahui). Keseluruhan jenis pengetahuan ini dikoordinasikan dari anggota-anggotanya, organ-organnya, dan kemampuan-kemampuannya, yang indrawi dan intelektif.


2. Intelligence 

Gambar 2. Intelligence


Inteligensi adalah kegiatan dari suatu organisme dalam menyesuaikan diri dengan situasi-situasi, dengan menggunakan kombinasi fungsi-fungsi seperti persepsi, ingatan, konseptual, abstraksi, imajinasi, atensi, konsentrasi. seleksi relasi, rencana, ekstrapolasi, prediksi, kontrol (pengendalian), memilih, mengarahkan. Berbeda dengan naluri, kebiasaan, adat istiadat, hafalan tanpa mempergunakan pikiran, tradisi





3. Affection 

Gambar 3. Affection



Manusia di sebut sebagai trias-dinamika yang meliputi cipta (kognisi), Karsa (konasi), dan Rasa (afeksi). Afektivitas juga membuat manusia berada secara aktif dalam dunianya serta berpartisipasi dengan orang lain dan dengan peristiwa-peristiwa dunianya. 
Afektivitas tidak sama dengan pengetahuan, namun menjadi penggerak atau penyebab dan sekaligus akibat dari proses pengetahuan manusia dalam arti penerapannya dalam bentuk perbuatan atau tindakan




4. Freedom 

Gambar 4. Freedom





Kata kebebasan sering diartikan sebagai suatu keadaan tiadanya penghalang, paksaan, beban atau kewajiban. Seorang manusia disebut bebas kalau perbuatannya tidak mungkin dapat dipaksakan atau ditentukan dari luar. Manusia yang bebas adalah manusia yang memiliki secara sendiri perbuatan-perbuatannya. Kebebasan adalah suatu kondisi tiadanya paksaan pada aktivitas saya. Manusia disebut bebas kalau dia sungguh-sungguh mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Dengan demikian kata bebas menunjuk kepada manusia sendiri yang mempunyai kemungkinan untuk memberi arah dan isi kepada perbuatannya.  Hal itu juga berarti bahwa kebebasan mempunyai kaitan yang erat dengan kemampuan internal definitif penentuan diri, pengendalian diri, pengaturan diri dan pengarahan diri. 


References :
Binusmaya, Human Philosophical 2 : Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom diumduh pada tanggal 12 April 2014 
http://binusmaya.binus.ac.id







6 komentar:

  1. sultan postingannya udah bagus kok hehe. aku kasih nilai 84 ya tan . mangaaadh !

    BalasHapus
  2. Bagus deh blog nya Sultan! aku kasih nilai 85 ya! Semangatttt

    BalasHapus
  3. bagus postingan nya sultan...
    semangatt
    85 buat kamuu

    BalasHapus
  4. Materinya udah lengkap, aku kasih nilai 85 yah

    BalasHapus
  5. Udah bagus ,materinya lengkap. Aku kasih nilai 85 yah

    BalasHapus