Kamis, 09 Oktober 2014

Nobel untuk Nanoskopi

Tiga Ilmuwan Menerobos Batas Kemampuan Mikroskop Optik

Dua ilmuwan Amerika Serikat, Eric Betzig (54) dan William E Moerner(61) meraih Hadiah Nobel Kimia 2014. Mereka secara terpisah mengembangkan metode untuk menaikkan resolusi mikroskop optik sehingga mampu melihat molekul didalam sel hidup.
Hadiah NObel Kimia tersebut diumumkan para juri, Steffan Normark, Swen Lidin, dan Mans Ehrenberg di Stockholm, Swedia. Ketiga peraih akan berbagi hadiah sebesar 8 juta krona Swedia (Rp.13,5 Miliar) atas prestasi ini.
Kiprah para ilmuwan ini layak mendapatkan perhargaan karena di pandang sangat penting dalam peningkatan ilmu pengetahuan khususnya dibidang penelititian sel mahluk hidup. Mikroskop optik memilki keterbatasan dalam mengamati benda berukuran sangat kecil. Dengan batasan yang ditetapkan ahli mikroskop Ernst Abbe pada 1873, mikroskop tradisional tidak akan bisa melihat benda berukuran lebih kecil dari 200 nanometer (1 per 200 miliar meter). Namun< ketiga ilmuwan tersebut menemukan metode untuk menerobos batasan tersebut sehingga kini para peneliti bisa melihat obyek di ranah nanometer.

Teknik fluoresens

Para peneliti memanfaatkan teknik fluoresens (terpancarnya cahaya dari satu obyek yang menyerap cahaya atau gelombang elektromagnetik dari sumber lain) pada molekul penyusun sel.Stefan Hell menemukan metode deplesi emisi terstimulasi (STED). Sementara Eric Betzig secara terpisah mengembangkan metode lain. Mereka menggunakan metode mikroskopi molekul tunggal dengan mematikan dan menghidupkan fluoresens molekul.

For Your Information 


Eric Betzig 

Betzig lahir di Ann Arbor, Michigan. Untuk gelar sarjana, betzig belajar fisika di California Institute of Technology lulus dengan gelar BS pada tahun 1983. Betzig kemudian melanjutkan belajar di Universitas Cornell dan memperoleh gelar MS dan Phd dalam Applied teknik fisika pada tahun 1985 - 1988 . Setelah menerima gelar dokter betzig bekerja di AT&T Bell laboratories di tahun 1996. Pada tahun 2006 betzig di Howard Hughes Medical Institute.
Betzig pernah juga menjadi wakil presiden penelitian di Ann Arbormesin .



William E Moerner

 Moerner lahir di Pleasanton, California. Ia memperoleh 3 derajat gelar B.S dalam fisika dengan kehormatan Final. B.S di bidang electrical engineering dan gelar A.B dibidang matematika summa cumlaude pada 1975. Moener memenangkan Dekan untuk prestasi akademik sangat istimewa serta penghargaan untuk prestasi mahasiswa lulus luar biasa.

(KOMPAS, 9 Oktober 2014)



1 komentar:

  1. sultan informasi mengenai Nanoskip diterangkan sangat mudah dan singkat.

    BalasHapus